Resep Dan Cara Mudah Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah Tradisional


Kak Tasya - Resep Dan Cara Mudah Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah TradisionalBandrek adalah sebuah minuman untuk menghangatkan tubuh dan merupakan minuman tradisional khas asal kota priangan, bandung yang sering dinamakan wedang bandrek. Asal usul dari bandrek tidak tahu pasti sejak kapan, tetapi untuk penyajian yang pas, biasanya disajikan pada keadaan cuaca yang dingin ketika hujan ataupun seperti kota bandung yang aslinya itu daerah dataran tinggi yang sejuk. 

Untuk membuat minuman ini diperlukan bahan yang mudah ditemukan yaitu jahe dan gula merah atau gula aren, lalu dicampur dengan rempah-rempah yang mampu menguatkan rasa hangat ketika berada di tenggorokan, dan untuk menambah kesan penambah selera terkadang ditambahkan susu. 

Jika sahabat di bandung dan ingin mencicipi minuman ini bisa datang ke warung bandrek abah ciwidey, hanjuang cimahi, bandrek house, atau ke yo bandrek disana tapi yang lezat sih menurut Kak Tasya itu di gerobak bandrek, pasti suasananya mantap deh dan yang terpenting untuk ibu hamil juga cocok mengkonsumsinya karena meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan aja juga loh es bandrek kalau lagi haus.

Resep Dan Cara Mudah Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah Tradisional

Nah sekarang bagi sahabat yang belum bisa ke bandung mungkin sahabat bisa ke medan atau aceh, tetapi jika belum bisa kesemua kota tersebut barangkali tulisan resep bandrek susu ini mungkin bisa membantu sahabat dalam mencicipinya. Untuk itu hari ini kita akan membahas bagaimana Resep Dan Cara Mudah Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah Tradisional bisa ditambah susu dan telor, tetapi tidak dengan cara instan, bagaimana sih bikinnya ? Langsung saja berikut bahan dan proses yang bisa anda ikuti, hanya di kaktasya.blogspot.co.id.

Bahan Atau Resep Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah Tradisional 

  1. 1500 ml air mineral 
  2. 7 butir cengkeh 
  3. 2 lembar daun pandan 
  4. 6 cm kayu manis 
  5. Garam halus secukupnya 
  6. Merica bubuk secukupnya 
  7. 3 batang serai atau sereh, memarkan 
  8. 350 gram gula aren atau gula merah, disisir 
  9. 6 ruas jahe merah, dibakar, memarkan 
  10. Susu kental manis secukupnya (untuk tambahan) 
  11. Daging kelapa muda secukupnya (untuk tambahan)
  12. 1 butir kuning telur ayam kampung (untuk tambahan)

Cara Dan Langkah Mudah Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah Tradisional

  1. Rebus air kedalam panci, lalu masukkan gula aren, kayu manis, cengkeh, daun pandan disimpul, garam halus secukupnya, serai, merica, jahe merah sampai mendidih, lalu aduk sampai gula larut dan beraroma wangi. 
  2. Ambil wadah besar atau bisa langsung masukkan kedalam teko atau ceret, saring bahan yang sudah direbus tersebut kedalam teko. 
  3. Untuk campuran citarasa (tambahan), bisa ditambahkan susu kental manis, daging kelapa muda ataupun telur ayam saat dihidangkan secangkirnya. Tuangkan bandrek kedalam cangkir, lalu masukkan susu atau kelapa muda, aduk, selesai. Untuk campuran telur ayam, aduk dahulu kuning telur, tuang bandrek kedalam cangkir berisi telur, sajikan. 
  4. Sekarang bandrek jahe merah dihidangkan saat dingin bersama keluarga.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, mulai bermunculan bandrek jahe yang menggunakan kemasan instan. Akan tetapi sahabat jangan salah, bandrek buatan sendiri lebih nikmat dibandingkan dengan yang menggunakan kemasan instan. Kenapa bisa begitu? Karena bandrek buatan sendiri itu semuanya bisa disesuaikan dengan selera seperti rasa manisnya, rasa jahenya dan juga susunya. Demikian Resep Dan Cara Mudah Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah Tradisional, jika ada kesalahan Kak Tasya mohon maaf. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Demikian Resep Dan Cara Mudah Membuat Bandrek Hangat Jahe Merah Tradisional. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Jangan Lupa Share, Komen Dan Gabung Grup Kita Ya..