Resep Dan Cara Membuat Es Mambo Susu Jelly Lembut Enak


Kak Tasya - Resep Dan Cara Membuat Es Mambo Susu Dan Jelly Yang Lembut Dan Enak - Halo sahabat kaktasya.blogspot.co.id, kali ini Kak Tasya ingin membahas bagaimana sih cara membuat es mambo yang lembut dan enak sebenarnya. Untuk hal itu akan dikupas dalam Resep Dan Cara Membuat Es Mambo Susu Jelly Lembut Enak ini, pasti setuju dong. 

Es mambo merupakan varian es yang sengaja dibuat berdasarkan rasa buah buahan seperti durian juga mangga yang segar ataupun buah yang di rujak serut atau pula dibuat dengan kacang hijau atau ijo, coklat, susu, agar-agar, ketan hitam, yoghurt, tape singkong sampai pop ice dan juga ada yang dikreasikan berwarna pelangi, dibungkus dengan bungkusan kecil khusus es yang panjang, es ini sebenarnya adalah sebutan dari es lilin lainnya loh.

Resep Dan Cara Membuat Es Mambo Susu Jelly Lembut Enak

Sahabat bisa memilih beberapa rasa juga jenis es mambo yang sahabat inginkan. Es mambo merupakan minuman beku dan bahan utamanya bisa memakai olahan susu dan sari buah bahkan bahan lainnya menurut keinginan sahabat inginkan. Namun bahan apa saja sih yang bisa membuat es mambo ini super duper lembut ? Banyak sekali yang bertanya beberapa hari yang lalu kepada Kak Tasya, namun untuk jawabannya adalah untuk tekstur kelembutan itu, keras dan tidaknya semua tergantung dari sahabat sendiri.

Nah sebelum membaca lebih jauh dari Resep Dan Cara Membuat Es Mambo Susu Dan Jelly Yang Lembut Dan Enak, kali ini Kak Tasya akan menjelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi kelembutannya.

Faktor kelembutan tersebut terpengaruh dari dua faktor yaitu hal yang harus diperhatikan adalah pada tahap pembekuan diusahakan tidak menggunakan suhu pendingin yang naik turun, artinya harus stabil suhu kedinginannya. Faktor kedua yakni selain pada proses pembekuan, proses ini yang paling penting yakni perhatikan kadar atau jumlah air yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit, jika hal itu terjadi kemungkinan es mambo akan terasa kasar dan tidak lembut. Maka perhatikan kadar airnya, diusahakan pas agar hasilnya lembut.

Resep Atau Bahan Membuat Es Mambo Susu Dan Jelly: 

  1. 6 gelas air matang 
  2. 1 kaleng susu kental manis 
  3. 2 bungkus bubuk agar agar 
  4. Plastik es mambo secukupnya 


Cara Membuat Es Mambo Susu Dan Jelly:

  1. Masak agar agar, lalu dinginkan dan potong kecil, masukkan kedalam plastik es. 
  2. Masukkan susu kental manis kedalam air matang, lalu aduk hingga rata. 
  3. Tuang campuran susu kedalam plastik es yang berisi agar agar atau jelly, ikat, lalu susun kedalam kulkas, biarkan sampai beku, selesai.


Es mambo pada umumnya tidak menggunakan pengawet karena jika penyimpanannya benar maka umur es bisa bertahan hingga berbulan-bulan sepanjang suhu freezer tetap stabil.

Penggunaan susu kental manis sebagai bahan dasar dapat membuat es mambo menjadi lebih creamy alias lembut. Penggunaan air yang terlalu banyak menyebabkan es mambo tidak lembut. Total pengguaan stabilizer dan emulsifier (jika menggunakan) disarankan tidak lebih dari 2 % dari total berat adonan.


Demikian Resep Dan Cara Membuat Es Mambo Susu Jelly Lembut Enak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Jangan Lupa Share, Komen Dan Gabung Grup Kita Ya..